MAcam Macam AC mobil

Macam-macam komponen AC Mobil



AC Mobil
1. Freon : Gas ( refrigerant ) yg dapat berubah wujud menjadi cair dan bersifat dingin
Macam-macam Freon : R12 ( digunakan utk mobil keluaran <'92)
R134a ( digunakan utk mobil keluaran >'92)
HATI2 dengan freon yg tdk sesuai spesifikasi utk mobil dan sdh banyak
beredar, yg mengakibatkan dingin AC tdk optimal.

2. Kompresor : fungsinya : menaikkan serta menyalurkan suhu dan tekanan refrigerant ke kondensor melalui hose discharge.

3. Condenser : fungsinya : merubah refrigerant yg berwujud gas menjadi cair dengan menurunkan suhunya. Dibantu oleh motor fan condenser.

4. Dryer : Bentuknya tabung, fungsinya menyaring, menampung serta mengeringkan refrigerant dari uap air. Bila filter sdh jenuh dp menghambat sirkulasi ke ekspansi.

5. Ekspansi : fungsinya : merubah dan menyalurkan refrigerant berwujud cair menjadi kabut menuju evaporator dgn suhu dan tekanan rendah. Jika ekspansi kotor akan menyumbat suplai refrigerant ke evaporator.

6. Evaporator : fungsinya : merubah refrigerant berwujud kabut menjadi gas dgn cara menyerap panas dibantu motor blower. Udara yg ditiupkan melalui kisi2 evaporator akan diserap panasnya, shg udara yg keluar menjadi dingin. Dari situlah kita mendapatkan udara dingin.

7. Thermostat : fungsinya : untuk mendeteksi suhu udara yg keluar dari evaporator. Bila thermostat tdk berfungsi bs berakibat kompresor tdk bekerja dan bila dipakai terlalu lama akan terjadi frozzing di evaporator.

8. Motor Blower : fungsinya :menghembuskan udara melewati kisi2 evaporator dgn cara menghisap udara disekelilingnya.

9. Motor Fan Condenser : fungsinya : mendinginkan suhu dan tekanan refrigerant di dalam condenser.

0 Response to "MAcam Macam AC mobil"

Posting Komentar